Bahaya menggunakan sepatu kotor dan bau ke dalam ruangan. Tahukah kamu, menggunkan sepatu di dalam ruangan dapat membawa petaka terhadap kesehatan perut. Apalagi jika kamu sudah melakukan aktivitas di luar ruangan. Kemudian kamu membawa sepatu tersebut ke dalam ruangan. Kali ini dalam brightcare.id akan membahasa mengenai bahaya sepatu kotor dan bau. Simak selengkapanya dalam artikel di bawah ini.

Riset Sepatu Kotor di Universitas Houston

Hasil riset salah seorang profesor di Amerika Serikat, Universitas Houston yakni profesor Kevin Grey mengatakan dalam studinya¬†“Bisa kamu bayangkan seberapa jauh perjalanan manusia di siang hari dan semuanya kamu seret masuk ke dalam ruangan”. Mulai dari perjalanan berangkat ke sekolah, ke kantor untuk bekerja dan sebagainya. Dilansir dari salah satu media berita yakni www.tribunnews.com.

2500 Sampel

Pada saat penelitian ini profesor Grey menggunakan 2500 sampel sepatu untuk melakukan studinya ini. Menurutnya seperempat sol sepatu yang di uji positif mengandung bug kuman yang dapat menyebabkan kram perut. Karena bakteri berkembang begitu cepat dan menyebar ke seluruh ruangan itu. Hal itu bisa menyebabkan rentan terhadap berbagai masalah seperti diare.

bahaya menggunakan sepatu kotor dan bau

Jumlah Bakteri

Penelitian mengenai bakteri di lakukan sebelumnya oleh Universitas of Arizona pada sol sepatu. Ditemukan sekitar 440.000 unit bakteri yang menempel dalam waktu dua minggu. Mereka menyimpulkan bahwa bakteri berkembang dengan baik di sepatu, dibandingkan dengan di toilet.

Kaos kaki

Penelitian lanjut mengenai bakteri oleh direktur Laboraturium Pembersihan di Good Housekeeping Institute, Carolyn Forte mengemukakan bahwa kaos kaki dan sandal tidak lebih abrasif terhadap kuman di banding dengan sepatu biasa semacam sneakers atau heels yang berlipat ganda abrasid terhadap kumannya.

Kebiasaan memakai sepatu ke dalam ruangan di zaman sekarang ini sudah lumrah. Terutama ketika seseorang sedang bekerja atau melakukan kegiatan di luar ruangan, tentunya mereka menggunakan sepatu atau sandal sebagai alasanya. Namun, hal tersebut dapat mengundang penyakit.

Sepatu yang digunakan ke dalam ruangan. Faktanya menyimpan berbagai bakteri yang bisa membahayakan kesehatan. Meskipun secara kasat mata tidak terlihat. Sepatu yang digunakan tadi saat di bawa ke atas lantai mengakibatkan bakterinya berpindah ke lantai dan menyebar ke seluruh ruangan.

Bakteri di Sepatu

Clostridium Difficile

Diketahu jenis bakteri yang biasa menempel di sepatu adalah bakteri infeksius bernama Clostridium Difficile (C. Diff). Bakteri yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan terutama yang berkaitan dengan pencernaan seperti diare, dehidrasi, mual, muntah, kram perut bahkan sampai radang usus besar. Informasi tersebut di ambil dari artikel www.hellosehat.com.

Bakteri di feses

C Diff, bakteri ini berasal dari kotoran hewan dan manusia. Mungkin secara tidak sengaja kita menginjak kedua bakteri tersebut. Sehingga mengakibatkan bakteri itu menempel di sepatu atau sendal yang kita gunakan dan bahkan bakteri tersebut dapat menempel di kaki.

Cara Mengatasi Bakteri di Sepatu

Lalu bagaimana cara mengatasi, supaya bakteri tidak ikut menempel di lantai ruangan. Sebaiknya lepas sepatu kalian ketika sedang berada di ruangan baik ruang kerja, sekolah dan lainnya. Tujuannya untuk memutus rantai penyebaran bakteri. Hal ini juga berfungsi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan orang-orang di sekitarnya.

Kemudian jangan lupa untuk mencuci sepatu dengan rutin dan pastikan sepatu yang kalian cuci kering dengan sempurna. Karena apabila sepatu yang kalian cuci belum kering benar (lembab) akan berdampak pada penambahan penyebaran bakteri.

WhatsApp Lets chat with us!